Google

Welcome, Selamat datang , Marhaban, Wilujeng sumping, Sugeng rawuh. Thank you, Terima kasih, Jazakallah, Haturnuhun, Maturnuwun. SEV PASCAL .

Sabtu, Desember 15, 2007

Empat Inovasi Kinerja Intel Core 2 Duo

Performa suatu prosesor memang bergantung pada frekuensi kerjanya namun tidak hanya bergantung pada frekuensi kerjanya saja tersebut. Kinerja suatu prosesor juga bergantung pada ajumlah instruksi yang dieksekusi setiap clock-nya (untuk frekuensi kerja sebesar 2000MHz, berarti terdapat 2000 juta clock untuk setiap detiknya).

Unjuk Kerja dari suatu prosesor merupakan hasil kali dari keduaanya, hasil kali dari frekuensi kerja dengan jumlah instruksi setiap clock-nya. Jadi, bisa saja frekuensi kerja suatu prosesor lebih rendah namun memiliki kinerja lebih tinggai berhubung jumlah instruksi setiap clock-nya jauh lebih besar.

Pada perbandingan yang dilakukan oleh majalah Pc Media terbukti bahwa Core 2 Duo E6700 mampu mengungguli Pentium XE 955 meski Pentium XE 955 memiliki frekuensi kerja yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan Core 2 Duo E6700 mengeksekusi instruksi jauh lebih banyak untuk setiap clock-nya dibandingkan Pentium XE 955.

EMPAT INOVASI
Sebelum generasi Core, Intel memiliki prosesor untuk mobile dan desktop yang masing-masing memiliki arsitektur yang berbeda. Masing-masing arsitektur, Pentium M dan Pentium D, memiliki kelebihan. Kelebihan-kelebihan ini diambil oleh Intel dan ditambhakan dengan sejumlah inovasi baru hingga terbentuklah suatu arsitektur baru, artitektur Core. Arsitektur baru inilah yang digunakan oleh Core 2 Duo.

Menurut Intel, terdapat lima inovai utama dari arsitektur Core yaitu Intel Wide Dynamic Execution, Intel Intelligent Power Capability, Intel Smart Memory Access, dan Intel Advanced Digital Media Boost. Dari kelima inovasi tersebut, keempat inovasi selain Intel Intelligent Power Capbility berhubungan dengankinerja yang dimiliki oleh Core 2 Duo.



IWDE
Intel wide dynamic Execution sesuai namanya membuat setiap core (ada dua pada Core 2 Duo) bisa menangani hingga empat instruksi penuh sekaligus. Core Pentium M dan Pentium D hanya bisa menangani hingga tiga instruksi.

Di samping itu terdapat beberapa fitur lain yang juga meningkatkan kinerja, salah satunya adalah macrofusion. Pada Pentium M dan Pentium D, setiap instruksi yang masuk akan di-decode. Hal ini membuat yang dieksekusi hanya sebuah instruksi tunggal internal sehingga mengurangi jumlah kerja yang harus dilakukan prosesor.

IASC
Pentium D, masing-masing core-nya memiliki cache L2 sendiri-sendiri yang tidak dibagipakai. Bila masing-masing core membutuhkan data yang sama, data yang sama tersebut disimpan pada masing-masing cache L2.

Dengan Intel Advanced Smart Cache, cache L2 yang digunakan dibai pakai. Bila kedua core membutuhkan data yang sama, data yang sama tersebutcukup disimpan pad ausatu tempat berhubung kode core dapat mengaksesnya.

Di samping menghemat penggunaan cache, dengan bagi pakai ini, bila sebuah core sedang membutuhkan cache secara minimal, maka core yang satu lagi bisa menaikkan “jatah” cache L2-nya. Intel Advanced Smart Cache ini membolehkan setiap core untuk secara dinamik menggunakan hingga 100% cache L2 yang tersedia.

ISMA
Pada iNtel Smart Memory Access terdapat fitur yang disebut dnegan memory disambiguation. Memory disambiguation ini membolehkan masing-masing core untuk secara spekulatif mengambil data untuk instruksi yang akan mereka eksekusi sebelum seluruh instruksi penyimpanan sebelumnya dieksekusi.

Tanpa Memory disambiguation, umumnya harus terlebih dahulu ditunggu penyimpanan tersebut hingga selesai barulah dilakukan pengambila. Ini dilakukan karena prosesor tidak mengetahui apakah ada ketrgantungan lokasi dat yang bisa saja dia langgar bila melakukan pengambilan sebelum penyimpanan selesai

IADMB
SSE (Streaming SIMD Extension) bukanlah inovasi baru. Pada Pentium D telah terdapat SSE, SSE2, dan SSE3. Instruksi 128bit SSE, SSE2, dan SSE3 pada Pentium D akan membutuhkan dua clock untuk dieksekusi secara penuh.

Dengan Intel Advanced Digital Media Boost, instruksi 128bit SSE, SSE2, dan SSE3 ini bisa dieksekusi penuh hanya menggunakan satu clock.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]to get cheap software, [url=http://firgonbares.net/]academic use software[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] dental office software teachers discount software
nero 7 update [url=http://firgonbares.net/]kaspersky virus software[/url] cheap software visual
[url=http://firgonbares.net/]microsoft application software[/url] windows vista registration key
[url=http://firgonbares.net/]can oem software[/url] windows educational software
filemaker pro 9 templates [url=http://firgonbares.net/]best prices on software[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]filemaker pro crashes, [url=http://hopresovees.net/]Leopard FileMaker Pro 10[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] 2007 cheap software discount software for non
adobe photoshop cs4 for mac serial code [url=http://bariossetos.net/]free acdsee classic[/url] software shop
[url=http://hopresovees.net/]adobe photoshop cs4 cracked[/url] microsoft office 2003 in jacksonville florida
[url=http://vonmertoes.net/]discount software san[/url] discount microsoft office 2003
software resellers canada [url=http://bariossetos.net/]academic software vista[/b]

Recent Coments