Google

Welcome, Selamat datang , Marhaban, Wilujeng sumping, Sugeng rawuh. Thank you, Terima kasih, Jazakallah, Haturnuhun, Maturnuwun. SEV PASCAL .

Sabtu, Desember 15, 2007

Apa Yang Terbaru Dari Intel Conroe

Intel Core Duo
Generasi Mutakhir Prosesor Berinti Ganda


Seri prosesor Conroe dari kelas E6700 dengan frekuensi kerja 2,66 GHz dan FSB 1066Mhz. Meurut Intel dari ke 5 seri prosesor Conroe yang merupakan tercepat adalah seri Extreme X6800. Sementara, untuk segmen entry level Intel mngeluarkan dua seri yaitu E6400 dan Duo E6300. Perbedaan yang cukup signifikan antar entry level dengan seri di atsanya terletak pada cahe level 2 yang dimiliki. Seri E6000 ke atas sudah menggunakan cache L2 sebesar 4MB, sedangkan seri E6400 dan E6300 memiliki Cache sebesar 2 MB. Perbedaan juga terlihat untuk die size dan jumlah transisitor yang dimiliki.


INTEL CORE MICROARCHITECTURE
Untuk prosesor generasi ini, selain voltase yang berhasil diturunkan, efisiensi komputasi berhsil dilakukan dengan menggunakan arsitektur baru yang oleh Intel diperkenalkan sebagai Intel Core Microarchitecture. Arsitektur ini sendiri merupakan perpaduan sejumlah inovasi yang dilakukan Intel untuk menyederhanakan komputasi dan aliran data dalam prosesor. Paling tidak ada 5 fitur yang diusung pada arsitektur baru ini seperti Wide Dynamic Execution, Intelligent Power Capacity, Advanced Smart Cache, Smart Memory Access, dan Advanced Digital Media Boost.
Wide Dynamic Execution memungkinkan pengirirman instruksi yang lebih banyak untuk setiap clocknya sehingga menghemat waktu dan daya yang dibutuhkan saat komputasi berlangsung. Sementara, Intelligent Power Capacity memungkinkan pengurangan konsumsi daya yang dibutuhkan saat komputasi dijalankan.

Pada seri Conroe ini, Intel memperkenalkan teknologi Advanced Smart Cache, di mana cache L2 tidak lagi dibagi per inti. Di sini dua inti prosesor yang ada menggunakan cache L2 yang sam dan dibagi-pakai bersama. Penggunaan cache L2 ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing inti prosesor.

Dengan demikian, alokasi penggunaan cache L2 dapat disesuaikan dengan beban masing-masing inti. Fitur ini merupakan salah satu fitur pembeda disbanding generasi dual core sebelumnya dari Intel.

Inovasi lainnya yang mampu meningkatkan kecepatan komputasi adalah Smart memory access yang mengoptimalkan penggunaan bandwidth dat adari subsistem memori dan meminimalkan latency memori yang digunakan.

UNJUK KERJANYA
Dilihat dari unjuk kerjanya, Conroe berhasil menunjukkan kinerja mempesona. Meski kecepatan kerja maksimalnya hanya 2,66 Ghz, kalah jauh dibandingkan dengan Intel Presler 955 dengan kecepatan 3,66 GHz, nyatanya kinerja yang ditunjukkan Conroe E6700 jauh melampaui kinerja Presler 955 dengan myakinkan.

Ini bisa dilihat dari semua hasil uji yang dipengaruhi oleh prosesor ini. Baik pengujian secara sintetis maupun pengujian yang bersifat real time untuk pengujian audio maupun video berhasil dijalankan dengan sangat baik.

Hal ini menunjukkan bahwa Intel berhasil mengerjakan “PR” untuk memperbaiki kinerja prosesornya dengan melakukan inovasi pada sejumlah fitur yang dibawanya. Cache L2 sebesar 4MB yang dibagipakai dan sistem Microarchitecture sebagai arsitektur dasar yang dimilki pada seri Conroe ini berhasil meningkatkan kinerja prosesor dengan meyakinkan.

Spesifikasi Dasar Prosesor Conroe Generasi Pertama Yang Dirilis Intel
Core 2 Model Clock Speed Multiplier Front Siode Bus L2 Cache
Extreme X6800 2,93GHz x11 1066MHz 4MB
Duo E6700 2,666GHz x10 1066MHz 4MB
Duo E6600 2,400GHz x9 1066MHz 4MB
Duo E6400 2,133GHz x8 1066MHz 2MB
Duo E6300 1,866GHz x7 1066MHz 2MB


Tidak ada komentar:

Recent Coments