Google

Welcome, Selamat datang , Marhaban, Wilujeng sumping, Sugeng rawuh. Thank you, Terima kasih, Jazakallah, Haturnuhun, Maturnuwun. SEV PASCAL .

Jumat, Oktober 02, 2009

Pohon apa yang terbaik menurutku?

“Seandaianya Saya Boleh Memilih Menjadi Sebatang Pohon”

Apabila berandai-andai saya bisa menjadi sebatang pohon, tentunya saya akan memilih sebatang pohon yang banyak memberi manfaat bagi makhluk lain baik bagi manusia maupun alam sekitar alasannya sederhana saja bukankah kita hidup ini diperintahkan Tuhan untuk menjadi berkah bagi orang atau makhluk lain, bahkan di dalam Islam agama yang saya anut mengajarkan bahwa sebaik-baik pribadi muslim adalah orang yang paling banyak memberi manfaat bagi orang/makhluk lain maka sudah barang tentu apabila saya harus memilih menjadi sebatang pohon tentulah saya memilih sebatang pohon yang dapat memberikan kriteria seperti itu.
Sebetulnya tidak mudah menunjuk langsung jenis batang pohon yang paling ideal untuk itu secara spesifik karena tiap batang pohon sudah barang tentu mempunyai fungsi dan manfaat masing-masing yang mungkin saja manfaat dan fungsinya tersebut tidak semua saya ketahui sehingga dalam konteks ini saya menilai unsur subjektifitas saya sangat berperan dalam melakukan pemilihan, sehingga sekiranya ada yang mendekati kearah pohon yang sangat memberi faedah itu tentunya saya akan menunjuk bahwa pohon tersebut adalah pohon kelapa.
Pertanyaannya adalah kenapa harus pohon kelapa? Sebenarnya tidak harus pohon kelapa, namun kembali lagi kepada persoalan utamanya yakni mengenai manfaat. Sebesar apa sebenarnya manfaat dan faedah dari pohon kelapa itulah yang menjadi alasan utama saya dalam memilih pohon kelapa. Coba kita lihat, sepanjang pengetahuan saya sebagai seorang manusia yang penuh unsur subjektifitas saya menilai bahwa pohon kelapa adalah satu jenis pohon yang dari mulai akar hingga daun bahkan lidinya dipakai dan dimanfaatkan oleh orang dan bahkan hewan. Mungkin di sini saya harus mencoba memaparkan contoh manfaat dari bagian-baian pohon kelapa. Akar kelapa biasa digunakan orang sebagai obat. Sabutnya untuk dibuat keset. Batangnya bisa digunakan sebagai bahan mebel, kayu bakar, tiang/penyangga rumah, bahkan rakit. Daunnya yang muda untuk membungkus ketupat, lidinya untuk sapu lidi. Daunnnya yang tua atau daun yang kering/kelaras biasa digunakan untuk atap saung/gubuk. Buahnya sudah pasti paling banyak manfaatnya dari mulai sabut buah kelapa untuk kayu bakar, batok kelapa untuk kayu bakar, daging buah terutama yang masih muda/dogan dimakan manusia dan monyet, airnya juga selain bermanfaat menetralisir racun juga penghilang dahaga yang menyegarkan. Bahkan biasanya di desa-desa umbut kelapa juga kadang dimakan orang. Selain itu orang ada juga yang membuat gula dari nira kelapa. Oh iya, Di daerah pantai fungsi kelapa tidak hanya sebagai memperindah dan meneduhkan pemandangan tetapi juga sebagai penahan abrasi pantai. Apakah hanya itu? Tidk juga sebab arang dari batok kelapa banyak diperjual belikan di pasar, daging buah kelapa ada yang dijadikan kopra, dan satu yang saya sangat sukai yakni nata de coco yang bahan dasarnya air kelapa yang difermentasikan yang kesemua itu tentunya mempunyai nilai ekonomi.
Itulah kiranya sedikit alasan mengenai pemilihan saya atas pohon kelapa, karena disadari atau tidak kelapa banyak faedahnya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

One day I was surfing web and suddenly I discovered website named www.home-businessreviews.com I discovered how to start my own home business and i was able at last leave my work where i was employed 1 year, now I'm earning 150$/day. I was able to earn such kind of money because I found some really great home business reviews. At site named www.home-businessreviews.com OK seems that website owner at last discovered winner home business program which helped him to start his own work at home based business opportunity, so he finally decided to make website and tell about his own experience about making cash online. It seems that he lost so much money before he came across winner home business program which actually work. But which one? take a look at website below! [url=http://www.home-businessreviews.com]home business ideas[/url]

Anonim mengatakan...

wnfjawgnkerjgnje

Anonim mengatakan...

Hi, it's nice here so I am just saying hi. I've been watching site for a while now and decided to register. Hope that my english will be good enough to communicate with you :). My hobby are internet contests and my hobby page - [url=http://www.instantempo.pl]instantempo[/url] it's about them.

Recent Coments